Japan Rail Pass (JR Pass) adalah tiket kereta yang ditawarkan oleh perusahaan kereta Japan Railway Group dengan coverage paling luas, khusus bagi turis/wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jepang. 

Dengan memiliki JR Pass, Anda tidak perlu lagi membeli tiket kereta selama Anda menggunakan kereta yang dioperasikan oleh Japan Railway (JR) saat berada di Jepang.

Silahkan simak informasi di bawah ini untuk lebih memahami sistem kereta di Jepang.

JR Pass berlaku untuk semua jaringan kereta JR di Jepang, termasuk kereta Shinkansen  (kereta cepat dengan max speed 320km/jam) HIKARI dan KODAMA tetapi tidak berlaku untuk shinkansen NOZOMI dan MIZUHO.

JR pass  juga dapat digunakan untuk semua kereta di dalam kota ataupun bus dengan merk JR, begitu pula untuk ferry yang ada di bawah merek JR. Dengan kata lain, JR Pass adalah One Stop Solution terbaik untuk menjelajahi Jepang.

Ada banyak jenis JR Pass Jepang, mulai dari jumlah hari nya atau pun daerah yang tercover dari JR Pass tersebut. Namun secara garis besar, JR Pass Jepang hanya terbagi 2 yaitu :

  • JR Pass Whole Country/Seluruh Jepang

  • JR Pass Regional/Wilayah Tertentu

Untuk Anda yang mau ke Jepang dan berencana untuk mengunjungi lebih dari satu daerah di Jepang, Anda disarankan untuk membeli JR Pass Whole Country/Seluruh Jepang.

Selain biayanya lebih hemat, JR pass ini juga akan membuat perjalanan Anda jauh lebih nyaman karena di setiap stasiun kereta, Anda tidak perlu membeli tiket dan mengantri lagi. Anda tinggal lewat jalur khusus dan menunjukan tiket JR Pass tanpa perlu menghabiskan waktu. Sangat praktis dan efisien.

Walaupun di Jepang terdapat juga transportasi darat umum lain seperti bus dan taksi namun kereta tetap menjadi transportasi primadona di sana

Sebagai wisatawan yang melancong ke Jepang tentunya Anda tidak mau ketinggalan untuk merasakan sendiri kecanggihan dan keteraturan kereta (terutama kereta peluru/bullet train Shinkansen) di Jepang yang sudah terkenal di seluruh dunia ini.

Tidak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Jepang namun tidak mencoba naik Shinkansen. Dengan membeli JR Pass, Anda berkesempatan untuk menjajal Shinkansen dengan harga yang super hemat.

Belilah JR Pass disini sebelum tanggal keberangkatan ke Jepang karena JR Pass ini TIDAK DIJUAL di Jepang. JR Pass hanya bisa dibeli di luar Jepang dan syarat untuk dapat membelinya yaitu mesti menunjukan paspor yang sudah mendapatkan visa Jepang dengan status “Temporary Visitor”.

Siapa yang berhak menggunakan JR Pass?

JR Pass hanya dikhususkan bagi wisatawan/turis yang berkunjung ke Jepang dengan status visa “Temporary Visitor” saja. Warga negara Jepang yang tinggal di sana tidak boleh membeli dan menggunakan JR PASS ini. Wisatawan yang datang ke Jepang dengan status visa: “Re-entry Permit”, “Entertainer” atau “Trainer” juga tidak diperbolehkan membeli dan menggunakan JR Pass.

Orang Jepang yang tinggal di negara asing dapat membeli dan menggunakan Japan Rail Pass dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Warga negara Jepang yang telah memenuhi syarat untuk tinggal secara permanen di negara asing  tersebut, atau
  2. Warga negara Jepang yang menikah dengan warga negara non-Jepang yang tinggal di negara asing selain Jepang.

Daftar Harga JR Pass 

JR Pass Whole Country/ Seluruh Jepang ada 2 jenis yaitu Ordinary Class dan Green Class. Green Class ini ibaratnya adalah kelas bisnis sedangkan ordinary adalah kelas ekonomi. Tersedia JR Pass untuk anak-anak (usia 6-11 tahun) dan dewasa (di atas 12 tahun). Masa berlaku JR Pass ada yang 7 hari, 14 hari dan 21 hari berturut turut (concecutive days).

JR Pass yang paling populer dan menjadi best seller adalah JR Pass Ordinary 7 concecutive days (Whole Country/Seluruh Jepang) yang bisa digunakan untuk menjelajah seluruh daerah Jepang. Dengan JR Pass ini Anda dapat bepergian ke seluruh daerah jepang dengan menggunakan kereta shinkansen.

Apakah menggunakan JR Pass itu sudah pasti lebih murah?

Jawabannya tentu saja ya. Apabila anda ingin bepergian keluar kota anda akan menghemat banyak uang daripada beli tiket kereta di tempat per jurusan.

Tiket Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto one way saja harganya sudah 14.000 yen (Tiket PP berarti 28.000 yen) sedangkan harga JR Pass 7 hari untuk dewasa adalah 29.110 yen. Jika Anda tidak menggunakan JR Pass, selama 7 hari Anda berada di Jepang mungkin Anda membutuhkan lebih dari 28.000 yen untuk membeli tiket kereta satuan untuk ke mana mana.

Jadi, harga yang Anda bayar untuk membeli JR Pass sebenarnya sama dengan harga tiket regular Tokyo – Kyoto – Tokyo, sehingga biaya kereta ke jurusan lain bisa dianggap Anda naik kereta secara gratis. Sudah terbayang kan berapa biaya transportasi yang bisa Anda hemat apabila Anda membeli JR Pass dari Indonesia, sebelum Anda berangkat ke Jepang

Namun semuanya juga tergantung lagi kepada itinerary Anda. Apabila Anda hanya menetap di 1 kota saja selama berada di Jepang maka Anda tidak memerlukan JR Pass.

Beli JR Pass Di Sini

Waktu pemrosesan Japan Rail Pass sekitar 1-2 hari kerja dan nikmati Gratis Ongkir ke seluruh wilayah Indonesia.

Saat membeli JR PASS di sini, kami akan memberikan JR Pass dalam bentuk kupon (biasa disebut JR Pass exchange order/ exchange coupon), yang sifatnya open date dan berlaku selama 3 bulan. Artinya kupon ini dapat ditukarkan dengan tiket JR Pass di Jepang dalam kurun waktu 3 bulan sejak kupon ini di issued.

Anda hanya perlu mengirimkan foto paspor dan visa ke Jepang saat membeli JR Pass di kami. Kupon JR Pass yang dibeli akan langsung tertera nama Anda sebagai pembeli nya sehingga kupon JR Pass ini tidak dapat dipindahtangankan.

Simpan baik baik kupon JR Pass ini. Jangan sampai hilang atau rusak karena kupon JR Pass ini tidak dapat di print ulang. Jadi jika sampai hilang atau rusak maka Anda harus membeli lagi kupon JR Pass yang baru.

Menukar Kupon JR Pass Menjadi Tiket JR Pass

Sesampainya di Jepang, Anda dapat menukarkan kupon JR Pass di berbagai counter JR Pass Exchange Offices terdekat yang terdapat di bandara atau di stasiun kereta. Anda wajib memperlihatkan paspor dan kupon JR Pass yang anda beli di Indonesia saat penukaran. Akhirnya kupon JR Pass Anda akan ditukarkan menjadi sebuah tiket JR Pass yang menyerupai sebuah kartu sebesar paspor.

Tanggal aktif dari tiket JR Pass ini akan dihitung sejak tanggal Anda melakukan penukaran kupon JR Pass menjadi tiket JR Pass ketika berada di Jepang. Di bagian belakang tiket nanti akan di stempel tanggal mulai penggunaan tiket dan tanggal berakhirnya. Lamanya tergantung dari jangka waktu kupon JR Pass yang Anda beli ketika Anda berada di Indonesia, mulai dari yang 7 hari, 14 hari atau 21 hari.

Contoh :

Anda pergi ke Jepang dari tanggal 1-15 November, dan Anda membeli kupon JR Pass yang 7 hari dari Indonesia. Anda berencana baru ingin menggunakan nya pada tanggal 3 November, maka tanggal 3 November baru Anda tukarkan kupon JR Pass tersebut menjadi tiket JR Pass di stasiun penukaran. Tiket JR Pass Anda berarti akan mulai berlaku dari tanggal 3 November sampai 9 November , mulai dari 3 November pukul 00.00 waktu setempat (GMT+9) dan habis di 9 November pukul 23.59 waktu setempat (GMT+9).

Sebagai pengguna JR Pass, pada saat di stasiun kereta, Anda tidak bisa masuk melalui automatic gate (pintu otomatis) ketika mau naik ke kereta, namun Anda mesti melewati pintu di dekat loket yang ada petugasnya. Anda tinggal menunjukkan tiket JR Pass kepada petugas dengan memperlihatkan tanggal yang tertera di bagian belakang tiket.

Buat Anda yang sudah memiliki rencana untuk bepergian ke Jepang, beli JR Pass sekarang juga di sini. Kami sarankan Anda untuk membeli JR Pass paling telat 1 minggu sebelum tanggal keberangkatan.

Selain JR Pass Whole Country/Seluruh Jepang, kami juga menyediakan JR Pass Regional bagi Anda yang hanya ingin berkunjung ke wilayah tertentu saja selama di Jepang.

Untuk pemesanan, silahkan kirimkan foto paspor dan foto visa Jepang dengan status “temporary visitor” kepada kami. Setelah Anda melakukan pembayaran, kupon JR Pass akan langsung dikirimkan ke alamat rumah Anda.

Kami akan memastikan Kupon JR Pass sudah berada di tangan Anda sebelum tanggal keberangkatan.

pesan sekarang