Visa Schengen menjadi incaran banyak wisatawan dunia yang ingin pergi ke daratan Eropa karena visa ini bisa digunakan untuk melintasi benua biru Eropa, bebas tanpa batas sampai dengan 26 negara (sampai dengan saat ini dan jumlahnya mungkin akan bertambah di masa yang akan datang).

Salah satu syarat wajib pengajuan Visa Schengen adalah memiliki Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) dengan minimal coverage biaya medis nya sebesar 30,000 Euro dan mencakup manfaat perawatan di rumah sakit dan repatriasi.

Anda dapat membeli Asuransi Perjalanan untuk keperluan Visa Schengen di sini. Selain menawarkan jasa pengurusan Visa Schengen, kami juga menyediakan Asuransi Perjalanan yang memenuhi syarat untuk pengajuan Visa Schengen tersebut.

Sejarah Schengen

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Visa Schengen, sebaiknya kita lihat dulu tentang apa itu Perjanjian Schengen.

Perjanjian Schengen merupakan perjanjian yang diresmikan pada 4 Juni 1985 oleh sejumlah negara Uni Eropa pada saat itu yaitu Belanda, Belgia, Luksemburg, Jerman dan Perancis untuk menghapuskan pengawasan perbatasan antar negara.

Pada perjanjian ini disepakati aturan yang disetujui bersama yakni mengenai kebijakan izin masuk jangka pendek (termasuk di dalamnya Visa Schengen), penyelarasan kontrol perbatasan eksternal, dan kerjasama polisi lintas batas.

Nama perjanjian ini diambil dari lokasi tempat dilakukan penandatanganannya yakni di Schengen, sebuah desa kecil di Luksemburg yang berbatasan dengan Jerman dan Prancis.

Sebagai hasil penerapan Perjanjian Schengen, yang mana bertujuan untuk meniadakan aturan ketat mengenai perbatasan maka diterapkanlah aturan mengenai Visa Schengen.

Visa Schengen

Visa Schengen merupakan visa yang dapat dipergunakan untuk jangka waktu tinggal yang tidak terlalu lama yang memperbolehkan penggunanya untuk dapat berkeliling dan mengunjungi negara tempat berlakunya perjanjian Schengen.

Visa ini merupakan otorisasi yang dikeluarkan oleh Kawasan Schengen yang memperbolehkan penggunanya untuk:

  • Transit melalui atau tinggal diwilayah teritorial Schengen dengan durasi tidak lebih dari 90 hari dalam setiap periode 180 hari
  • Transit melalu area transit internasional bandara di Kawasan Schengen

Bagi negara yang telah menjadi anggota perjanjian Schengen, aturan mengenai pos dan pengawasan perbatasan telah dihapuskan dan diubah menjadi kebijakan visa kawasan Schengen.

Sehingga bagi pemegang paspor/visa salah satu negara yang telah menerapkan Perjanjian Schengen (kecuali Inggris dan Irlandia) dapat memasuki wilayah setiap negara anggota Kawasan Schengen lainnya secara bebas. Irlandia dan Inggris hanya turut serta dalam kerjasama polisi lintas batas namun tidak untuk peniadaan pengawasan perbatasan bersama dan pengeluaran visa.

Pada tahun 2007, negara yang menandatangani perjanjian ini telah meluas hingga ke Republik Ceko, Estonia, Hungaria, Latvia, Lithuania, Malta, Polandia, Slovakia dan Slovenia. Satu tahun berselang di 2008, Swiss (termasuk Liechtenstein) pun ikut menandatangi perjanjian ini.

Sehingga yang awalnya hanya 5 negara, saat ini, Perjanjian Schengen telah ditanda-tangani oleh 22 negara yang merupakan anggota Uni Eropa (UE) dan 4 negara non Uni Eropa (Non-UE).

Berikut adalah negara-negara yang telah menerapkan semua isi perjanjian. Pemegang paspor atau visa salah satu negara tersebut dapat masuk dan keluar secara bebas di antara negara-negara tersebut :

Jadi sudah tahu kan apa itu Visa Schengen? Visa Schengen merupakan visa yang berlaku khusus di Wilayah Schengen. Visa Schengen ini bisa menjadi pilihan Anda apabila Anda berencana bepergian ke beberapa negara Schengen sekaligus dalam kurun waktu singkat yaitu kurang dari 3 bulan.

Jasa Urus Visa Schengen dari kami

Anda tidak punya waktu untuk tidak mau ribet untuk mengurus Visa Schengen sendiri? Anda mau memakai jasa kami untuk mengurus Visa Schengen? Anda cukup mempersiapkan  segala dokumen yang diperlukan saja dan setelah itu serahkan semuanya kepada kami. Permohonan Visa Schengen biasanya mewajibkan Anda sebagai pemohon untuk hadir saat wawancara (untuk case tertentu Anda tidak perlu hadir apabila sebelumnya Anda pernah mendapatkan Visa Schengen).

Ketentuan tentang jasa pengurusan Visa Schengen kami

  • Biasanya visa negara Schengen yang akan di ajukan adalah visa negara Schengen yang paling lama Anda kunjungi atau bisa juga visa negara Schengen yang pertama kali Anda kunjungi begitu Anda turun dari pesawat.
  • Secara umum, beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan ketika mengajukan Visa Schengen, diantaranya: Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) dengan minimum 30,000 Euro untuk coverage biaya medisnya, Paspor asli dan fotokopinya, pasfoto, formulir permohonan visa, slip pembayaran visa, Akte Lahir, Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Rekening koran 3 bulan terakhir, Surat Referensi Bank, Surat Keterangan dari Tempat Kerja, Surat Undangan (jika ada). Untuk mengetahui persyaratan lebih lengkap, silakan hubungi kami dan infokan negara Schengen mana saja yang akan Anda kunjungi (masing masing negara ada perbedaan untuk persyaratan permohonan visa nya).
  • Permohonan Visa tidak bisa diterima, apabila seluruh persyaratan tidak dipenuhi / tidak lengkap.
  • Pemohon WAJIB membayar penuh harga pembuatan visa di awal sebelum semua dokumen kami submit untuk diproses
  • Setelah permohonan disubmit dan diperiksa, apabila diperlukan dokumen lain sebagai tambahan, akan diminta kemudian.
  • Proses pembuatan Visa Schengen memakan waktu minimal 4 (empat) hari kerja sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kerja sesuai dengan ketentuan kedutaan masing-masing negara tujuan.
  • Lamanya proses Visa Schengen dihitung setelah semua persyaratan dokumen diterima lengkap.
  • Tidak ada pengembalian biaya Visa Schengen yang sudah dibayarkan apabila ada pembatalan dari pihak pemohon atau visa ditolak Kedutaan.
  • Keberhasilan mendapatkan Visa Schengen merupakan kewenangan dari pihak Kedutaan sepenuhnya.

pesan sekarang